Senin, 04 Mei 2015

Makalah Makanan Khas Malang


                                          MAKALAH MAKANAN KHAS MALANG                                                   

Malang tak hanya terkenal dengan buah apel dan keripik malangnya. Kota yang terletak di Jawa Timur dan memiliki hawa sejuk ini juga terkenal dengan kelezatan kulinernya. Jika Anda sedang berlibur ke Malang, jangan lupa untuk berburu 10 kuliner khas Malang ini:

1. Bakso Malang President

Bakso President
Bakso President
Kuliner khas Malang yang pasti sudah tidak asing lagi bagi kita adalah bakso malang! Bakso malang menggunakan bakso yang terbuat dari daging sapi, lalu disajikan dengan mie kuning, tahu, siomay, dan pangsit goreng dan kuah. Salah satu bakso malang yang sangat terkenal di Malang adalah Bakso President. Bakso President ini sudah dijual sejak tahun 1977. Yang membedakannya dengan bakso malang umumnya adalah pilihan isiannya, antara lain ada bakso kecil, bakso besar, bakso goreng, bakso tulang muda, siomay goreng/basah, bakso goreng udang, goreng panjang, jeroan paru, dan ati ampela. Bakso President ini berlokasi di Jl. Batanghari No. 5 (Belakang Hotel Savana), Malang.

2. Sego goreng mawut

Sego goreng Mawut
Sego goreng Mawut
Mawut dalam bahasa Jawa artinya berantakan. Nah, sego goreng mawut atau nasi goreng mawut ini merupakan perpaduan antara nasi dan mie goreng. Sego goreng mawut ini sangat mudah ditemui di setiap sudut kota Malang. Salah satu nasi mawut yang terkenal di Malang adalah Nasi Mawut Pak Iwan, di Jalan Aris Munandar, Malang.

3. Cwie Mie Malang

Cwie Mie Malang
Cwie Mie Malang
Cwie Mie Malang sebenarnya tak berbeda jauh dengan mie ayam lainnya. Bedanya, cwie mie malang menggunakan daging ayam yang diiris halus hingga hancur menyerupai abon. Tidak seperti daging pada mie ayam yang bercitara manis, irisan ayam pada cwie mie malang rasanya asin. Cwie Mie Malang ini lalu dinikmati dengan taburan bawang goreng, selada, dan kuah yang terasa gurih. Di Malang, Anda dapat mencoba Cwie Mie Malang ini di Resto Hot Cwie Mie Malang di Jalan Raya Mojorejo No. 99 Junrejo , Batu. Di Resto Hot Cwie Mie Malang ini, cwie mie malang-nya disajikan di dalam mangkuk yang terbuat dari pangsit.

4. Bakso bakar

bakso bakar
bakso bakar
Selain bakso malang, Malang pun punya bakso bakar. Bakso bakar khas Malang pertama kali diciptakan oleh Soeparman alias Pak Man pada tahun 1997. Bakso bakar ini terbuat dari daging sapi yang digiling lalu direbus dan dibakar. Sebelum dibakar, bakso diberi berbagai bumbu seperti kecap dan saos. Dengan aromanya yang harum dan rasanya yang nikmat dan pedas, bakso bakar ini menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung ke Malang. Jika penasaran ingin mencicipi bakso bakar Pak Man, Warung Bakso Bakar Pak Man ini ada di Jalan Diponegoro No 19 A Kota Malang.

5. Rawon

Rawon Nguling
Rawon Nguling
Rawon merupakan sup daging sapi dengan kuah yang berwarna hitam karena menggunakan kluwek dengan citarasa yang khas Indonesia karena menggunakan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, lombok, garam, dan minyak nabati. Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur yang juga banyak dijumpai di Malang. Salah satu rawon yang terkenal enak di Malang adalah rawon Depot Nguling. Rawon di Depot Nguling ini memiliki karakteristik kuah yang tidak terlalu pekat dan tidak berlemak, dengan potongan-potongan daging yang besar dan empuk. Depot Rawon Nguling di Malang terletak di Jl. Zainal Arifin No. 62, Malang,

6. Orem-orem

orem-orem
orem-orem
Orem-orem adalah salah satu kuliner khas Malang yang terdiri dari irisan ketupat dan ayam yang dimasak dengan kuah santan kental. Kuahnya mirip dengan kuah lodeh, namun lebih kental. Orem-orem yang dimasak dengan bara api arang ini memiliki citarasa yang agak pedas. Orem-orem ini sering dinikmati dengan pelengkap berupa tempe goreng dan mendol goreng. Mendol adalah camilan khas Malang dari tempe yang dihaluskan, lalu diberi bumbu dan digoreng. Untuk rasa yang lebih “nendang”, orem-orem sering ditambahkan dengan kecap dan sambal. Orem-orem sangat sulit ditemukan di luar kota Malang.

7. Soto Kambing

Soto Kambing
Soto Kambing
Soto kambing merupakan kuliner khas Malang yang awalnya hanya untuk acara selametan atau upacara desa. Kekhasan dari soto kambing adalah aroma kayu bakarnya yang menimbulkan citarasa yang khas pada kuah sotonya. Tungku yang digunakan para penjual soto kambing memang menggunakan kayu bakar. Isian sotonya antara lain daging kambing, usus, taoge, dan irisan kubis. Soto kambing ini memiliki citarasa perpaduan antara soto dan gulai. Kuahnya yang kental dikucuri dengan perasan jeruk nipis sehingga terasa segar. Soto kambing ini paling enak disantap saat masih panas dengan nasi. Soto kambing ini banyak dijual oleh pedagang pikulan di daerah utara Malang menuju Batu. Jika ada menemukannya, jangan bingung karena para penjualnya tidak menyertakan tulisan “kambing/wedus/mendo/cempe”. Hanya tertulis “soto”.

8. Angsle

Angsle
Angsle
Angsle atau wedang angsle merupakan minuman khas Malang yang agak mirip dengan sekoteng. Angsle ini sangat cocok dinikmati di malam hari, di tengah hawa kota Malang yang dingin. Isian angsle ini pun mirip-mirip dengan sekoteng, antara lain: roti, kacang tanah sangria, dan kacang hijau rebus. Bedanya dengan sekoteng, pada angsle ditambahkan isian petulo (putu mayang), bubur mutiara, ketan putih kukus, dan tape singkong. Hal lain yang membedakan angsle dengan sekoteng adalah pada kuahnya. Tidak seperti sekoteng, kuah angsle ditambahkan santan. Pada resep aslinya, kuah angsle tidak diberi jahe. Namun karena ada tambahan kata “wedang”, akhirnya jahe pun ditambahkan dalam kuah angsle.

9. Es Durian Dempo

Es durian dempo
Es durian dempo
Kuliner khas Malang lainnya yang tak boleh terlewatkan adalah Es Dempo. Es Dempo berlokasi di belakang SMAK St Albertus Malang yang dikenal sebagai SMA Dempo. Es Dempo ini merupakan kawasan penjual makanan dan yang terkenal adalah Es Durian Dempo. Beberapa butir durian diberi serutan es dan disiram susu kental manis dan sirup. Asyik banget disantap pada saaat cuaca Malang sedang panas. Es Durian ini tetap tersedia walaupun sedang bukan musim durian. Selain es durian dempo, menu lain yang tak kalah tenar adalah es durian mocca dan es teler dempo no 7. Stand es dempo ini buka mulai pukul 08.00 – 15.00.

10. Es krim Toko Oen

es krim Toko Oen
es krim Toko Oen
Tak lengkap rasanya bila Anda bertandang ke Malang tanpa berkunjung ke Toko Oen. Toko Oen yang sudah ada sejak jaman Belanda ini hingga kini masih mempertahankan interior jaman belandanya. Jika berkunjung ke Toko Oen, jangan lupa untuk mencicipi es krimnya. Es krim Toko Oen masih dibuat dengan resep tradisional. Teksturnya lebih kasar dan rasanya pun tidak semanis es krim umumnya. Es krim yang menjadi favorit di Toko Oen adalah Tutty Frutty Ice Cream dan One’s Special Ice Cream. Toko Oen berada di Jl Basuki Rachmat 5, Malang.
Klikers, itulah 10 kuliner khas Malang yang dijamin bakal membuat lidah Anda bergoyang. Yuk, kita liburan ke Malang. Kita makan enak sembari menikmati hawa Malang yang sejuk! Asyik!
       

1 komentar: